Hindari Mengonsumsi Beberapa Buah Ini Saat Hamil Muda

Posted by shinobi apuy on Selasa, 26 Desember 2017

Saat hamil muda, mengonsumsi jus untuk ibu hamil tidak boleh sembarangan lho. Begitu juga dengan mengonsumsi buah-buahan. Meskipun buah dikenal memiliki berbagai vitamin yang menyehatkan tubuh dan ada jus buah yang disarankan untuk dikonsumsi saat hamil, ternyata ada beberapa buah yang tidak dianjurkan untuk ibu hamil muda. Supaya Anda lebih waspada, coba simak beberapa buah yang dapat merugikan kehamilan Anda seperti di bawah ini. (sc: ibudanmama.com)


  • Durian

Mungkin sudah banyak ibu hamil yang mengurangi bahkan menghindari konsumsi durian. Buah yang satu ini memiliki kandungan asam arachidonat dan alkolhol yang bisa membuat bayi lahir dengan berat badan yang rendah atau bahkan menambah risiko keguguran. Selain itu, aroma durian yang menyengat juga dapat memicu rasa mual, jadi sebaiknya durian dihindari oleh ibu hamil muda.


Ibu Hamil Makan Buah Nanas
  • Nanas

Setelah durian, buah yang satu ini juga bisa menjadi musuh untuk ibu hamil muda. Yup, nanas mengandung zat bromelain yang bisa membuat leher rahim menjadi lebih lunak. Yang paling parah, hal ini bisa menyebabkan kelahiran prematur hingga keguguran, terutama bagi Anda yang memiliki usia kehamilan di trimester pertama.


  • Buah Pepaya Muda

Beberapa orang memang ada yang lebih menyukai konsumsi pepaya muda karena teksturnya lebih renyah. Namun sebaiknya buah pepaya muda dihindari oleh ibu hamil karena masih mengandung getah atau lateks. Padahal getah bisa menyebabkan kontraksi rahim yang berakibat bayi lahir prematur atau bahkan keguguran.


  • Anggur

Anggur memang memiliki rasa yang lezat, namun sayangnya buah ini tidak direkomendasikan untuk ibu hamil. Anggur mengandung resveratrol yang bisa menjadi racun untuk kandungan. Resveratrol juga bisa menyebabkan hormon tidak seimbang sehingga rasa kembung, mual, muntah, bahkan diare bisa dialami ibu hamil. 


  • Salak 

Kemudian, ibu hamil lebih baik mengurangi buah salak. Meskipun salak memiliki banyak serat, buah ini justru bisa merugikan ibu hamil yang mengalami sembelit ataupun diare. Sebab salak memiliki zat tannin yang sulit untuk dicerna. Hal ini bisa memperberat kerja usus. 

Meskipun tidak ada larangan keras untuk mengonsumsi kelima buah di atas, lebih baik Anda mengurangi atau menghindari konsumsi buah-buahan yang dapat membahayakan kehamilan tersebut. (Rima)

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar