4 Cara Menjalin Kerjasama dalam Kelompok Kerja

Posted by boenes on Selasa, 03 Januari 2017

Bagi kalian yang bekerja di office tower mega kuningan maupun perusahaan lainnya, tentunya dituntut untuk bisa menjalin kerjasama yang baik dengan kelompok kerja atau tim. Tapi, banyaknya anggota serta adanya perbedaan latar belakang dan sifat dari kelompok kerja tersebut, terkadang seringkali mendapatkan kesulitan ketika memutuskan sesuatu maupun membangun kerja sama yang baik. Meskipun begitu, tapi bukan berarti banyaknya anggota dalam suatu kelompok kerja, tidak bisa menjalin kerjasama yang baik satu sama lainnya. 

Masih banyak cara kok yang bisa dilakukan, agar bisa menjalin kerjasama yang baik dalam kelompok kerja. Berikut beberapa diantaranya:
  1. Menyamakan tujuan sebuah kelompok. Tidak bisa dipungkiri, banyaknya anggota dalam satu kelompok kerja maupun tim, terkadang banyak dari anggota yang memiliki tujuannya masing-masing saat bekerja. Meskipun begitu, tapi alangkah baiknya tujuan pribadi dari masing-masing anggota, sebaiknya dikesampingkan terlebih dahulu, dan lebih fokus menyamakan tujuan bekerja dari sebuah kelompok kerja. Dengan begini, tentunya kerjasama yang baik pun akan terjalin dalam sebuah kelompok kerja atau tim. Namun, jika masih mengedepankan tujuan masing-masing saat bekerja, jangan harap akan bisa menjalin dan menyamakan tujuan dengan anggota lainnya.
  2. Mengikuti aturan main kelompok kerja. Memang sih, setiap orang memiliki gaya maupun sifat masing-masing saat bekerja, yang akan membuat mereka menghasilkan karya terbaik yang mereka miliki. Tapi, apabila hanya mengikuti gaya dan sifat dari masing-masing anggota, sudah bisa dipastikan menjalin hubungan kerja yang baik di dalam kelompok kerja tidak akan pernah terwujud. Nah, agar hal ini tidak terjadi, alangkah baiknya kalian mengikuti aturan main yang telah dibuat oleh sebuah kelompok kerja. Dengan mengikuti aturan main yang dibuat oleh sebuah kelompok kerja, tentunya kerjasama yang baik akan mudah didapat.
  3. Tidak mempermasalahkan gaya dari masing-masing anggota. Apabila mau menjalin kerjasama yang baik dalam kelompok kerja, sebaiknya janganlah mempermasalahkan gaya yang dikeluarkan oleh masing-masing anggota saat bekerja. Biasanya, gaya yang dikeluarkan oleh anggota lain seperti diam saja saat bekerja, selalu fokus pada pekerjaan, tidak bisa bekerja kalau tidak berbicara dengan yang lainnya, dan lainnya. 
  4. Jangan membiarkan ada anggota yang mendominasi. Ketika mau menjalin kerja sama yang baik dalam kelompok kerja atau tim, janganlah pernah membiarkan satu anggota mendominasi kelompok kerja. Adanya anggota yang mendominasi, hanya akan membuat anggota lainnya tidak bersemangat dan bahkan ada yang sakit hati dengan anggota yang mendominasi tersebut. 

Bagaimana nih? Apakah kalian yang sudah bekerja dalam kelompok kerja, sudah membentuk dan menjalin hubungan baik dalam pekerjaan? –SH–

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar