Container Guest House : Rumah Ramah Lingkungan

Posted by shinobi apuy on Kamis, 12 Mei 2016

Sekarang ini, kontainer tak lagi digunakan sebagai tempat penyimpanan saja, lho. Percaya nggak kalau kontainer kini sudah beralih fungsi menjadi tempat tinggal? Yap, keberadaan kontainer sebagai rumah menambah daftar panjang dari jajaran material unik untuk dijadikan sebuah hunian. Hmm, seru banget ya! Perkembangan di dunia properti Indonesia pastinya akan semakin menarik untuk disimak :D

Container Guest House, Rumah Ramah Lingkungan


Kontainer bernama Container Guest House ini memang istimewa. Pasalnya, kontainer ini dijadikan sebagai tempat tinggal tamu dan juga bisa sebagai hunian. Tentunya, kontainer ini harus dibersihkan dari bakteri yang biasanya ada sebelum dijadikan tempat tinggal. Rumah yang dimiliki oleh seorang seniman asal San Antonio, Texas, ini bekerja sama dengan Poteet Architects untuk mewujudkannya. Nantinya, jika kerabat dari si seniman berkunjung ke huniannya, mereka bisa menginap di dalam kontainer tersebut.

Meski terlihat sederhana, nyatanya rumah kontainer ini berhasil meraih penghargaan desain dari AIA San Antonio pada tahun 2010 lalu, lho. Container Guest House memiliki ukuran yang mungil, tapi fasilitas di dalamnya cukup lengkap. Ada kamar mandi berukuran 3m2, kamar, hingga taman. Tentunya, rumah ini sangat ramah lingkungan.

Awalnya, seniman ini menemukan sebuah kontainer bekas. Nah, alih-alih dibiarkan begitu saja, ia kemudian menghubungi Poteet Architects untuk mengubahnya menjadi sebuah hunian. Bagian dalamnya disulap menjadi ‘rumah’ seutuhnya dengan kamar tidur dan juga kamar mandi. Lahan yang terbatas seolah tak menjadi masalah bagi para arsitek ini. Mereka menyulap interiornya menjadi semakin menarik dengan warna dan juga furnitur menarik. Dindingnya dilapisi dengan busa dan juga tripleks bambu agar lebih nyaman. Untuk taman, Poteet Architects memilih atap kontainer untuk diubah menjadi taman. Agar tanaman tetap hidup, proses pengairannya didapat dari air daur ulang wastafel dan pancuran kamar mandi. Keberadaan taman ini kemudian membuat udara di dalam kontainer menjadi lebih sejuk dan juga nyaman.

Tak heran jika rumah ini dikatakan sebagai rumah yang ramah lingkungan. Pasalnya, setiap penggunaan energi di rumah ini sangat diperhitungkan dan juga dipertimbangkan. Bahkan, kontainer ini punya kloset yang mampu mengolah kotoran manusia. Keren sekali, ya!

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar